Tips Mudah Membuat Artikel yang Menarik

By in
No comments

Di era digital seperti sekarang, membaca sebuah tulisan menjadi hal yang sangat mudah. Ngga perlu deh, kamu membeli buku mahal-mahal atau membawa buku yang tebalnya ngalahin laptop. Kamu sudah bisa membacanya lewat smartphone masing-masing yang terkoneksi dengan internet.

membaca untuk membuat artikel menarik

Nah, fakta makin mudahnya mengakses tulisan, menarik minat banyak orang yang tertarik membuat karya tulisan. Jika kamu salah satunya, semakin banyak tulisan kamu dibaca orang, pastinya bangga dong….

Sayangnya, ngga semua artikel itu menarik untuk dibaca orang lain. Karena nyatanya, banyak tulisan ataupun artikel yang layak baca, baik karena teknik penulisan hingga konten yang membosankan. So, gimana sih cara membuat artikel yang menarik ngga ngebosenin? Makanya, baca tips-tips dibawah ini sampe habis, ya. Dijamin ngga akan nyesel!

Banyak Baca Artikel

Lha, mau bikin artikel kok disuruh baca? Iya, tips pertama dan utama membuat artikel adalah baca artikel orang lain. Sebanyak-banyaknya! Kamu bisa membacanya  dari majalah, buku, atau bahkan blog milik orang.

Cara ini bisa bikin kamu tahu berbagai macam gaya penulisan orang dengan berbagai tema sekaligus memperkaya kosakatamu. Dari pembahasan mengenai A sampai Z di artikel yang kamu baca, semuanya akan menambah wawasanmu. Jadi, pas kamu lagi asyik-asyik nulis artikel, tulisanmu akan lebih berkembang dan ngga  stuck di satu paragraf atau bahkan tema.

Tetapkan Tema Tulisan Kamu!

Sebelum mulai nulis atau ngetik, kamu harus (banget) nentuin tema tulisan secara keseluruhan. Jika kamu lagi hobi travelling, kamu bisa jadiin travelling sebagai pokok bahasan. Sebagai contoh, kamu bisa nentuin tema “Jalan-jalan di Pantai Anyer”. Ingat, ini bukan judul lho, ya!

Nah, berangkat dari tema ini, mulai deh kamu menulis sesuai tema yang udah diset. Kamu bisa mulai dengan menceritakan perjalanan menuju kesana, keseruan selama berada di sana, atau kamu bisa deskripsikan keindahan pantai dengan detail. Sehingga orang yang membaca artikel kamu bisa sampai ngebayangin kamu, eh tulisanmu.

Oh ya, agar tulisan kamu ngga keluar dari tema dan sebagai pengingat, kamu bisa tulis tema kamu di paragraf paling atas. Nantinya jika tulisan kamu udah selesai, kamu bisa hapus.

menentukan ide pokok tulisan

Tulis Ide Pokok Tulisan

Baca? Udah. Tema? Udah. Selanjutnya adalah ide tulisan. Untuk membuat cerita tulisanmu terus mengalir, kamu bisa menulis ide pokok di artikelmu. Hal ini agar ide di otakmu yang ingin kamu tulis di paragraf selanjutnya ngga hilang ketumpuk-tumpuk ma ide yang ngalir terus.

Ya, masalah seorang penulis adalah lupa ingin menulis apa. Padahal sebelumnya ide-ide itu muncul terus menerus. So, kamu cukup menulisnya dengan beberapa kata, secara acak pun ngga apa-apa di atas kertas. Eits, jangan lupa dihapus sebelum dipost, ya!

Jangan Ketinggalan Zaman

Sebagai kids zaman now, dalam hal tulis menulis juga jangan ketinggalan zaman ya. Dari segi bahasa, pembahasan, dan gaya tulisan sebisa mungkin ikuti zamannya. Jangan sampai ungkapan-ungkapan zaman baheula dipake sekarang, kecuali jika itu memang tema yang sedang kamu tulis.

Kamu bisa membuat tulisan dengan tema yang lagi happening saat itu. Hal ini dikarenakan orang-orang ingin selalu up to date akan apa yang terjadi. So, kamu bisa membuat tulisan dengan bahasa yang ringan dan dengan gaya tulisan kamu sendiri. Selain menarik orang untuk baca tulisan kamu, tapi agar orang mengingat kalau itu adalah tulisan kamu.

Bagaimana dengan empat tips diatas? Mudah, kan? Yuk, praktekin!